Jumat, 24 Juni 2016

Contoh Proposal Penulisan Ilmiah

PROPOSAL PENULISAN ILMIAH

JUDUL       : SAKLAR OTOMATIS RUMAH MENGGUNAKAN SENSOR GERAK  DAN SENSOR CAHAYA
NAMA       : NUR HEPPY HUTAJULU
NPM           : 26113611
JURUSAN  : SISTEM KOMPUTER
KELAS       : 3KB02

      1. Latar Belakang Masalah

          Sejalan dengan perkembangan pembangunan, jumlah kebutuhan daya listrik di Indonesia cenderung naik pesat. Peningkatan kebutuhan daya listrik dapat diakibatkan oleh penambahan beban baru, dapat juga disebabkan karena borosnya pemakaian daya listrik. Pemborosan energi listrik harus dicegah, karena pasokan daya listrik PLN semakin terbatas. Penghematan energi listrik dapat menguntungkan konsumen dan produsen.

         Beban lampu penerangan dalam suatu ruangan lazimnya dioperasikan secara manual oleh manusia. Dengan kemajuan teknologi saat ini, campur tangan manusia dalam operasional berusaha dikurangi. Penelitian ini mengambil topik tentang perancangan saklar otomatis berdasarkan sensor PIR. Sensor PIR akan mendeteksi kehadiran orang dalam suatu. Tujuannya tak lain untuk pengaman rumah dari maling atau pencuri dengan sensor gerak yang di buat menggunakan arduino uno.

          Lampu penerangan suatu ruangan akan menyala sendiri apabila ada orang dalam ruangan tersebut, dan akan hidup dengan sendirinya bila orang tersebut keluar ruangan. Dengan kata lain sensor kehadiran orang ini akan diaplikasikan sebagai saklar otomatis.


     2. Batasan Masalah

            Masalah yang di bahas pada Penulisan Ilmiah ini hanya membahas cara kerja komponen dan fungsi-fungsinya dan prinsip kerja alat tersebut.


     3. Tujuan Penulisan

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu rancang bangun sistem otomatis lampu penerangan ruangan berdasarkan keberadaan manusia dengan mempertimbangkan intensitas cahaya dalam suatu ruangan dalam upaya untuk membantu penghematan penggunaan energi listrik.




   4. Tinjauan Pustaka

      Tinjauan pustaka pada penulisan ini mengambil referensi dari bulu-buku elektronika serta mencari referensi lainnya yang dianggap bias dijadikan acuan penulisan ini seperti browsing di internet.


  5. Sistematika Penulisan

        Pada penulisan ilmiah ini memiliki sistematika penulisan sebagai berikut :

   BAB I PENDAHULUAN
       Pada bab ini akan dijelaskan mengenai latar belakangan, metode penulisan, tujuan penulisan, dan sistematika pembuatan penulisan ilmiah ini.
BAB II TINJAUAN PUSAKA
        Pada bab ini akan dijabarkan mengenai teori dasar dan tiap-tiap komponen yang mendukung kinerja
pembuatan alat.
BAB III ANALISAN DAN PERANCANGAN ALAT
        Pada bab ini menjelaskan mengenai analisa proses kerja dari alat yang telah dibuat dalam bentukblok diagram maupun analisa secara detail, juga mengenai perancangan dan cara kerja alat.
BAB IV PENUTUPAN
Pada bab ini menjelaskan mengenai kesimpulan dan penjabaran alat dan saran dalam kesempurnaan. 




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Total Tayangan Halaman